Sunday, December 9, 2012

Cara Mengembalikan File/Folder yang Disembunyikan VIRUS


Salam BLOGER’S!!!

Hai Sobat Bloger’s… Pada postingan kali ini saya akan berbagi tenatang bagaimana caranya mengembalikan FILE atau FOLDER yang disembunyikan oleh VIRUS. Hal ini biasanya terjadi pada setiap FlashDisk, setiap membuka folder, ia akan kembali ke folder tersebut atau membuka folder lainnya, dan foldernya selalu saja kosong. Setelah di scan dangan Anti virus, maka akan ditemukan banyak virus, dan virus-virus itu ( Biasanya virus local saat ini) menduplikasikan dengan icon dan nama folder yang bersangkutan, sehingga ketika membuka folder yang sebenarnya malah kita menjalankan virusnya, sedangkan folder aslinya di sembunyikan (Hidden) oleh VIRUS.

Untuk menampilkan folder yang disembunyikan tidak cukup melalui Folder Options-View-Show Hidden files and Folders.  Tetapi harus menghilangkan tanda cek pada kotak di sebelah kiri Hide Protected Operating System Files ( Recommended ). Namun kadang menu ini juga sering di hilangkan oleh virus sehingga kita tidak bisa mengubahnya.



Setelah folder di tampilkan, icon akan terlihat samar-samar yang menunjukkan file/folder di-hidden. Jika di klik kanan-Propertis maka opsi hidden tidak akan bisa di rubah ( karena Hidden System ) dan Untuk melakukannya lagi bisa di lakukan dengan langkah sebagai berikut :
1.      Buka Command Prompt dangan cara berikut ini :

Klik start-All Programs-Accasories-Command Prompt atau
Klik Start-Run-Kemudian ketik cmd atau command

2.      Cari di mana folder di sembunyikan.
3.       Perintah ATTRIB *.* -s -h -r /s /d
4.      Keterangan mengenai perintah itu, Ketik ATTRIB/?

Nah, Sobat Bloger’s sekian dulu postingan kali ini…
Semoga dapat bermanfaat bagi Sobat sekalian…

Sumber : Buku Menjadi Dokter Virus Komputer Oleh Rahmat Putra

No comments: